Kamis, 03 April 2014

ANDA INGIN BEROBAH?


Ada beberapa hal yang tidak bisa kita pilih dalam hidup, misalnya tempat lahir, orang tua yang melahirkan, jenis kelamin, ras dll. Yang berbahaya adalah cara berfikir bahwa sikap /sifat/karakter adalah sesuatu yang tidak dapat dirubah. Sehingga sering kita mendengar kata-kata seperti : Ya..apa boleh buat beginilah sifatnya, tak mungkin dirubah lagi. Begitulah karakterku dari sononya, bagaimana bisa kurobah?

Anggapan bahwa sifat, sikap dan karakter adalah sesuatu yang demikaian adanya dan tidak dapat dirobah adalah pandangan keliru. Siapapun bisa merobah sifat, sikap dan karakternya. Karena ketiga hal itu berada pada wilaya kita sendiri. Bagaimana sifat, sikap dan karakter seseorang bukan hal yang memang begitu dari sononya ( given ), tatapi itu soal pilihan.

Jika kita perhatikan, dalam kehidupan sehari-hari, pada saat berdebat kelas ringan sampai kelas berat, masih banyak istri kepada suaminya mengatakan : " Beginilah sifat dan karakterku, apa boleh buat, ini kan bawaan lahir. Apa boleh buat, sudah takdirmu memperistrikan aku".

Haa.....kepala langsung mumet...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar