Kamis, 03 April 2014

SAKIT JIWA


Saya mengamati, ditengah-tengah kehidupan masyarakat kita : Ada yang sakit, tapi normal. Tetapi kebanyakan kelihatan normal, tetapi perilakunya seperti orang sakit. Jadi ada yang sakit, tapi normal, dan ada yang normal, tetapi sakit. Gak percaya? 

Lihat di sekeliling kita, birokrasi kita, kita akan dengan mudah menemukan mereka yang secara fisik sehat, tutur katanya sopan dan santun, tetapi apa yang mereka lakukan kita identifikasi sebagai penghancur, mereka bekerja menurut kepentingan diri sendiri, tamak, tidak perduli dengan keserasian lingkungan, mengeruk untung sebesar-besarnya, tetapi mengabaikan kebaikan orang lain, mengambil yang bukan haknya, menyalahkan yang benar dan membenarkan yang salah, bersekongkol untuk meraup keuntungan pribadi, bersiasat dengan koleganya demi keuntungan. Tetapi di permukaan, dalam pengertian yang semu, mereka kelihatan normal, sehat, bahkan mungkin dipuja-puji dan ditokohkan.

Masih gak percaya juga? Pasti Anda kurang sensitif dengan lingkungan sekitar? Atau Anda mungkin sudah apatis alias tak mau tau.

Masih gak percaya juga? Jangan-jangan Anda mungkin salah satu yang kelihatan normal tapi sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar